Opini Public dan Propaganda
- Opini Publik dan Propaganda
Ø Opini publik
Opini merupakan suatu respon aktif terhadap stimulus, suatu respon yang dikonstruksi melalui interpretasi pribadi yang berkembang dari image dan menyumbang image Komponen opini publik adalah, keyakinan, nilai-nilai, dan ekspektasi
Faktor Pembentuk Opini Publik
1. Berkomunikasi dengan dunia luar
2. Accessibility
3. Status Sosial
4. Inovatif
Ø Propaganda
Menurut Dan Nimmo (1993): “Propaganda merupakan komunikasi yang digunakan oleh suatu kelompok terorganisasi yang ingin menciptakan partisipasi aktif atau pasif dalam tindakan suatu massa yang terdiri atas individu-individu, dipersatukan secara psikologis melalui manipulasi psikologis dan digabungkan di dalam suatu organisasi.”
Tipologi Propaganda
1. Propaganda politik
2. Propaganda sosial
3. Propaganda agitasi
4. Propaganda integrasi
5. Propaganda vertikal
6. Propaganda horizontal
Ø Hubungan opini publik dan propaganda
Hubungan opini publik dan propaganda sangatlah erat sekali dan tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Laswell (1927) pernah mengatakan bahwa propaganda semata-mata adalah kontrol opini. Ini artinya, suatu propaganda dilakukan untuk mempengaruhi dan mengontrol opini pihak yang menjadi sasaran propaganda.[1]
________________________________________________________________________
https://www.academia.edu/8460506/Propaganda_dan_Opini_Publik
Komentar
Posting Komentar