Opini Public dan Propaganda

 

  • Opini Publik dan Propaganda

Ø  Opini publik

Opini merupakan suatu respon aktif terhadap stimulus, suatu respon yang dikonstruksi melalui interpretasi pribadi yang berkembang dari image dan menyumbang image Komponen opini publik adalah, keyakinan, nilai-nilai, dan ekspektasi

Faktor Pembentuk Opini Publik

1.     Berkomunikasi dengan dunia luar

2.     Accessibility

3.     Status Sosial

4.     Inovatif

Ø  Propaganda

Menurut Dan Nimmo (1993): “Propaganda merupakan komunikasi yang digunakan oleh suatu kelompok terorganisasi yang ingin menciptakan partisipasi aktif atau pasif dalam tindakan suatu massa yang terdiri atas individu-individu, dipersatukan secara psikologis melalui manipulasi psikologis dan digabungkan di dalam suatu organisasi.”

Tipologi Propaganda

1.     Propaganda politik

2.     Propaganda sosial

3.     Propaganda agitasi

4.     Propaganda integrasi

5.     Propaganda vertikal

6.     Propaganda horizontal

Ø  Hubungan opini publik dan propaganda

Hubungan opini publik dan propaganda sangatlah erat sekali dan tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Laswell (1927) pernah mengatakan bahwa propaganda semata-mata adalah kontrol opini. Ini artinya, suatu propaganda dilakukan untuk mempengaruhi dan mengontrol opini pihak yang menjadi sasaran propaganda.[1]

 

________________________________________________________________________

https://www.academia.edu/8460506/Propaganda_dan_Opini_Publik

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komunikator dan Saluran Komunikasi Politik

Khalayak Komunikasi Politik