Khalayak Komunikasi Politik

 

  • Khalayak Komunikasi Politik

Khalayak Adalah sejumlah orang yang heterogen. Mereka menjadi khalayak komunikasi politik segera setelah mereka “mengkristal” menjadi opini publik. Menurut Nimmo, opini pubik adalah abstraksi dari khalayak komunikasi politik.[1]

Ø  Karakteristik khalayak politik:

1.     Khalayak merupakan peran yang sifatnya sementara

2.     Menjadi tujuan disampaikannya suatu pesan politik

3.     Dapat berubah menjadi sumber atau komunikator politik saat ia memprakarsai penyampaian pesan politik

Ø  Tipologi khalayak politik

1.     Publik umum (general public): Merupakan komunitas masyarakat kebanyakan yang seringkali menerima informasi politik secara selintas. Biasanya meliputi lebih dari separuh penduduk. Yang  dalam kenyataannya jarang berkomunikasi dengan para pembuat kebijakan.

2.     Publik yang penuh perhatian (The Attentive Public): Ialah lapisan masyarakat yang berperhatian. Lapisan masyarakat yang menaruh minat pada perkembangan politik. Ini merupakan sub kultur yang khusus dimana kelompok-kelompok yang merasa berkepentingan dengan masalah-masalah kebijakan umum ketimbang dengan kepentingan khusus. Publik attentitive menyertai para pemimpin politik sebagai pembawa konsensus politik.

3.     Elit Opini dan Kebijakan (elite opinion and policy):  Khalayak politik yang karena posisinya  di dalam masyarakat menjadi figur head

 

_________________________________________________________________________

Siti Masitoh, “Pengertian, Konteks, dan Ruang Lingkup Komunikasi Politik”, dalam Gunadarma.ac.id, 2020

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Opini Public dan Propaganda

Komunikator dan Saluran Komunikasi Politik